Selasa, 19 April 2016

Contoh Latar Belakang Penulisan Ilmiah

Di zaman yang serba maju ini, dimana pun kita berada, kita pasti dikelilingi oleh peralatan elektronik. Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering menggunakannya untuk berbagai keperluan. Alat elektronik yang sering kita gunakan salah satunya ialah Smartphone. Setiap masyarakat dari kalangan orang tua, remaja bahkan anak-anak kebanyakan tak luput dari alat elektronik yang bernama Smartphone. Smartphone ini digemari selain penggunaannya mudah juga karena dapat digunakan untuk keperluan apapun.

Awalnya Smartphone ini bernama Handphone, karena keunggulanya yang bisa digenggam dan bisa di bawa kemanapun pergi. Namun, pada zamannya Handphone hanya bisa digunakan untuk berkomunikasi lewat telepon dan sms saja. Seiring berkembangnya teknologi, Smartphone pun tercipta dengan berbagai fitur mulai dari Bluetooth sampai bisa melakukan pekerjaan yang ada di computer. Sejak saat itu Handphone mulai tergantikan oleh kehadiran Smartphone.

Penggunaan yang mudah dan juga kelengkapan yang banyak terletak pada Operating System (OS) di Smartphone tesebut. Salah satu OS yang cukup di gemari adalah Android. Selain digemari oleh orang awam, OS ini juga di gemari oleh para pengembang, karena OS ini termasuk bebas lisensi. Jadi para pengembang bisa bebas mempelajari dan membuat aplikasi untuk android.

Pemanfaatan Smartphone sebagai media komunikasi berbagai macam, mulai dari Telepon, membuat dokumen, Sharing data dari komputer sampai bisa mengendalikan alat elekronik yang lain, contohnya lampu rumah. Smartphone ini berkomunikasi dengan alat elekronik menggunakan media Bluetooth atau bisa juga menggunakan Wi-fi. Blutooth ini bekerja menggunakan gelombang yang ada di udara yang disebut Wireless.

Untuk bisa berkomunikasi melalui Wireless, peralatan elektronik tersebut harus dilengkapi module Bluetooth, Wi-Fi atau GSM shield dan masih banyak lagi yang lainnya. Untuk module Bluetooth, tipe yang ada pada saat dipasarkan dan bisa digunakan untuk berbagai kepentingan yaitu HC-06, HC-05 dan HC-06. Untuk module Wi-Fi contohnya esp8266. Untuk Modul GSM contohnya Fastrack M1306B.

Alat elektronik ini juga belum cukup menggunakan module Wireless. Alat elekronik ini juga harus menggunakan Single-Board Microcontroller untuk mengelolah data yang diterima dari alat elektronik lain melalui media Wireless. Contoh single-board microcontroller yang ada di jual pada saat ini yaitu Arduino, Raspberry, Xilink, Intel Galileo dan masih banyak lagi.

Pada Awalnya Microcontroler ini hanyalah sebuah Microprocessor. Dimana Microprocessor tidak terintegrasi unit memori, unit input/output, dan timer counter. Namun beberapa perusahaan mengembangkan Microprocessor tersebut menjadi IC yang bisa menyimpan perintah pemrograman. Setelah Microcontroller terprogram, maka IC ini bisa melakukan kendali Input, Proses, dan Output. Termasuk kendali untuk perangkat Wireless.

Jadi penerapan wireless di zaman ini bukan hanya pada Smartphone dan Jaringan Komputer saja. Periperal komputer seperti keyboard dan mouse kini juga sudah ada yang dijual dimana pengoprasiannya tidak memerlukan kabel atau disebut juga Wireless. Dengan menggunakan Peripheral Wireless, pengguna dapat memposisikan dirinya berada lebih jauh dari komputer. Dan membuat pengguna malas untuk menghampiri dan menekan tombol power yang terdapat di komputer.


Dari latar belakang yang telah dikemukakan diatas, dapat dilihat bahwa peralatan elektronika telah berkembang begitu pesat yakni ditandai dengan diterapkannya teknologi Wireless, Smartphone Android dan Microcontroler. Untuk itu penulis terpikirkan untuk membuat suatu alat yang berjudul "Sistem Penghidupan Komputer dengan Menggunakan Android Melalui Bluetooth HC-05 Berbasis Arduino Uno". 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar