Sejarah Interaksi Manusia Komputer
Disini saya memulai dengan bagian sejarah Interaksi
Manusia Komputer atau sering disingkat menjadi IMK , mungkin disini saya akan
menjelaskan awal mula manusia berinteraksi dengan komputer secara singkat
berikut beberapa sajarah yg saya rangkum dari berbagai sumber.
- Komputer pertama kali diperkenalkan secara komersial pada tahun 50-an, dan ini adalah awal mula IMK berawal walaupun mesin ini sangat sulit dipakai dan tidak praktis. Disebabkan karena komputer merupakan mesin yang sangat mahal dan besar, hanya dipakai di kalangan tertentu, misalnya para ilmuwan /ahli-ahli teknik.
- Komputer pribadi (PC) diperkenalkan pada tahun 70-an, Dengan ini prkembangan penggunaan teknologi ini secara cepat dan mengagumkan ke berbagai penjuru kehidupan (pendidikan, perdagangan, pertahanan, perusahaan, dan sebagainya). Kemajuan-kemajuan teknologi tersebut mempengaruhi juga rancangan sistem. Sistem rancangan dituntut harus bisa memenuhi kebutuhan pemakai, sistem harus mempunyai kecocokan dengan kebutuhan pemakai atau suatu sistem yang dirancang harus berorientasi kepada pemakai. Pada awal tahun 70-an ini, juga mulai muncul isu teknik antarmuka pemakai (user interface) yang diketahui sebagai Man-Machine Interaction (MMI) atau Interaksi Manusia-Mesin.
- Para peneliti akademis mengatakan suatu rancangan sistem yang berorientasi kepada pemakai, yang memperhatikan kapabilitas dan kelemahan pemakai ataupun sistem (komputer) akan memberi kontribusi kepada interaksi manusia-komputer yang lebih baik. Maka pada pertengahan tahun 80-an diperkenalkan istilah Human-Computer Interaction (HCI) atau Interaksi Manusia-Komputer.
Paradigma Interaksi Manusia Komputer
1. Time-sharing
Satu komputer yang mampu mendukung
banyak user dan meningkatkan keluaran (throughput) dari sistem
2. Video Display Unit (VDU)
Dapat memvisualisasikan dan
memanipulasi informasi yang sama dalam representasi yang berbeda dan mampu
memvisualisasikan abstraksi data
3. Programming Toolkits
Alat bantu pemrograman yang
memungkinkan pemrogram untuk meningkatkan produktivitasnya
Mesin berukuran kecil yang
powerful dan dirancang untuk pengguna tunggal
5. Windows System dan WIMP (Windows, Icon, Menu and Pointers) Interface
Suatu sistem window yang
memungkinkan user untuk berdialog atau berinteraksi dengan komputer dalam
berbagai aktivitas dan topik yang berbeda
6. Metaphor
Digunakan untuk mengajarkan konsep
baru, dimana konsep tersebut telah dipahami sebelumnya, misalnya spreadsheed
adalah metafora dari akuntansi
7. Direct Manipulation
Manipulasi langsung memungkinkan
user untuk mengubah kondisi internal sistem dengan cepat, misalnya konsep
WYSIWYG (What You See Is What You Get)
8. Language Versus Action
8. Language Versus Action
Bahasa digunakan oleh user untuk
berkomunikasi dengan inteface. Aksi dilakukan interface untuk melaksanakan
perintah user
9. Hypertext
Metode penyimpanan informasi dalam
format non-linear yang memungkinkan akses atau browsing secara random.
10. Multi-modality
Sistem yang tergantung pada
penggunaan beberapa saluran komunikasi pada manusia, misalnya visual (mata),
haptik atau peraba (kulit) dan audio (telinga)
11. Computer Supported Cooperative Work (CSCW)
11. Computer Supported Cooperative Work (CSCW)
Dirancang untuk memungkinkan
interaksi antar manusia melalui komputer dan direpresentasikan dalam satu
produk, misalnya e-mail
Saurce:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar