Sabtu, 30 Mei 2015

Pembahasan Software CorelDraw

CorelDraw adalah aplikasi grafis berbasis vektor yang digunakan untuk mengelola gambar. Grafik voktor adalah grafik yang dibentuk dengan menggunakan garis-garis dan kurva berdasarkan rumus matematik. Tampilan gambar berdasarkan perhitungan koordinat geomitris gambar tersebut. Oleh karena itu banyak digunakan pada pekerjaan dalam bidang publikasi atau percetakan ataupun pekerjaan di bidang lain yang membutuhkan proses visualisasi.

CorelDraw ini dikembangkan oleh Corel, sebuah perusahaan software yang berkantor pusat di Ottawa, Kanada. Aplikasi ini berkembang pesat dan modern. CorelDRAW pada awalnya dikembangkan untuk sistem operasi Windows 2000 dan seterusnya. Versi CorelDRAW untuk Linux dan Mac OS pernah dikembangkan, namun dihentikan karena tingkat penjualannya rendah. Hingga saat ini Corel telah merilis versi terbarunya yaitu CorelDraw X7. Beragam fiktur terbaru dan tampilan interface ditambahkan dari versi sebelumnya agar disainer bisa menghasilkan karya yang lebih baik.



Kegunaan

CorelDraw seringkali dimanfaatkan untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan dibawah ini, yaitu:
  • Menciptakan desain logo atau simbol, yang mana ini adalah kegunaan Corel Draw yang paling banyak dimanfaatkan oleh penggunanya, terutama pembuatan logo dua dimensi karena kemudahannya dalam mengolah garis dan warna.
  • Membuat desain undangan, brosur dan lain-lain juga menjadi suatu kegunaan dari program Corel Draw. Media publikasi offline lainnya juga menggunakan CorelDraw sebagai alat untuk mendesain. Corel Draw memiliki banyak jenis font yang dapat memudahkan desainer untuk mengeksplorasi imajinasi desain dan tulisan yang akan dibuat.
  • Membuat cover buku juga dapat dilakukan di Corel Draw. Dengan Corel Draw maka tugas desain akan menjadi mudah karena dapat memanfaatkan desain sampul dan teknik pewarnaan yang lebih sempurna oleh Corel Draw. Detail gambar pun akan terlihat lebih jelas.
  • Pembuatan gambar ilustrasi juga dapat dilakukan dengan Corel Draw. Gambar yang dihasilkan lebih berkualitas, terutama ketika berhubungan dengan lengkungan, garis atau sudut. Ukuran yang diperoleh dijamin sangat akurat.
  • Dan masih banyak lagi yang bisa dihasilkan dari program aplikasi ini.

Keunggulan

Beberapa keunggulan program CorelDraw antara lain adalah:

  • Gambar yang dihasilkan dengan vektor atau berbasis vektor bisa ditekan pada tingkat yang paling rendah namun hasilnya tidak kalah dengan gambar yang berbasis bitmap atau raster.
  • Penggunaan Corel Draw, terutama pada tool-tool yang ada di dalamnya sangat mudah dipahami oleh penggunanya, bahkan oleh orang yang baru pertama menggunakannya.
  • Corel Draw sangag baik untuk mengkolaborasikan antara tulisan dengan gambar, seperti layaknya Adobe Potoshop.
  • Banyaknya pengguna Corel Draw, membuat adanya komunitas dengan jumlah anggota yang besar. Hal ini akan membuat kita tidak kesulitan jika ingin mempelajari CorelDraw lebih mendalam karena banyak ditemukan tutorial, tips dan trik yang diproduksi oleh pengguna lain.

Kelemahan

Beberapa kelemahan program CorelDraw antara lain adalah:
  • memakan memori dan resource lain yang sangat besar apalagi bila gambar yang sedang dibuat mempunyai detail yang banyak. Pada PC yang low end penggunaan CDR sering menimbulkan pesan ‘crash’ pada system bahkan dalam proses effect bevel/emboss dalam PC yang bagus pun dapat timbul ‘hang’.
  • besar file yang dibuat membengkak.
  • warna yang dicetak tidak akurat (tidak sesuai dengan tampilan layar) pada beberapa jenis printer
  • dalam pembuatan objek table tidak semudah membuat table dalam MS Word. Yaitu dengan cara yang sangat manual
  • apabila ada penggabungan objek vector dan photo/bitmap kualitas cetakannya kurang memuaskan, misalnya membuat cover buku yang terdapat objek text dan photo.
  • kompatibilitas versi CorelDraw banyak kendala dalam sharing ke versi lainnya.


Mengenal Area Kerja


Area kerja CorelDraw memiliki unsur-unsur yang serupa dengan aplikasi yang di Windows pada umumnya. Area kerja yang dimaksud adalah sebuah jendala kerja, sederetan menu, scrool bar vertical, horizontal dan sebuah area kerja yang disebut Artboard.


Toolbar



ToolBar pada CorelDraw berisikan kumpulan perintah yang dapat diakses dengan mudah. Perintah pada toolbar dilambangkan dengan ikon-ikon, bagi pengguna aplikasi windows ikeon tersebut sangat familiar dan memiliki fungsi yang sama.


Toolbox

Sama halnya dengan toolbar, tampilan pada toolbox juga dilambangkan dengan ikon. Perbedaanya hanya pada kegunaan dan fungsinya, tool yang terdapat toolbox dijadikan media atau sarana gambar. Beragam tool yang tersedia mempermudah penggunanya untuk menggambar, mengedit, maupun menambahkan efek pada objek yang dibuat. Berikut adalah penjelasan tool-tool dasar pada toolbox. 

Pick Tool untuk memilih, menyeleksi, atau merotasi
Shape Tool  untuk mengedit sudut pada kurva
Crop Tool untuk memotong area objek
Zoom untuk memperbesar dan memperkecil area
Freehand Tool untuk menggambar garis dan kurva
Smart Fill Tool untuk memberi warna pada hasil perpotongan dua objek
Rectangle Tool untuk menggambar objek berbentuk persegi empat
Ellipse Tool untuk menggambar objek lingkaran atau oval
Polygon Tool untuk membuuat objek segibanyak yang simetris
Basic Shapes untuk menggambar objek dasar
Text Tool untuk membuat text
Table Tool untuk membuat table
Eyedropper Tool untuk memilih dan menduplikasikan peroperti
Outline Pen Tol untuk mengatur properti garis
Fill Tool untuk mengatur properti warna
Interactive Fill untuk memberi warna pada objek dengan fill



Menu Bar


Barisan menu yang menampilka perintah-perintah yang digunakan untuk mengatur dan mengelola objek.

-    Menu  File berisi perintah–perintah yang berhubungan dengan file(berkas).
-    Menu  Edit berisi perintah–perintah penyuntingan.
-    Menu View berisi perintah–perintah pengaturan layar tampilan.
-    Menu Layout berisi perintah–perintah pengaturan lembar kerja.
-    Menu Arrange berisi perintah–perintah pengaturan object.
-    Menu Effects berisi perintah–perintah memberi efek pada object.
-    Menu Bitmaps berisi perintah–perintah penyuting gambar.
-    Menu Text memberi perintah–perintah penyutingan tulisan.
-   Menu  Tools berisi perintah–perintah alat bantu yang digunakan untuk melengkapi perintah–perintah sebelumnya.
-    Menu Windows berisi perintah–perintah jendela kerja dan jendela objek lain
-    Menu Help berisi perintah meminta bantuan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar