Sabtu, 01 November 2014

PENGERTIAN MANAJEMEN PROYEK

Manajemen Proyek adalah penerapan ilmu pengetahuan,keahlian dan ketrampilan,cara teknis yang terbaik dan dengan sumber daya yang terbatas untuk mencapai sasaran yang telah ditentukan agar mendapatkan hasil yang optimal dalam hal kinerja,waktu,mutu dan keselamatan kerja. Ada tiga garis besar untuk menciptakan berlangsungnya sebuah proyek, yaitu :

1. Perencanaan
Untuk mencapai tujuan,sebuah proyek perlu suatu perencanaan yang matang.Yaitu dengan meletakkan dasar tujuan dan sasaran dari suatu proyek sekaligus menyiapkan segala program teknis dan administrasi agar dapat diimplementasikan.
Merupakan implementasi dari perencanaan yang dapat memberikan informasi tentang jadwal rencana dan kemajuan proyek yang meliputi sumber daya (biaya,tenaga kerja,peralatan,material),durasi dan progres waktu untuk menyelesaikan proyek.
Pengendalian mempengaruhi hasil akhir suatu proyek.Tujuan utama dari utamanya yaitu meminimalisasi segala penyimpangan yang dapat terjadi selama berlangsungnya proyek.
  • Kontrol terhadap proyek lebih baik, sehingga proyek bisa sesuai dengan scope, biaya, sumberdaya dan waktu yang telah ditentukan.
  • Meningkatkan kualitas.
  • Meningkatkan produktifitas.
  • Bisa menekan resiko yang timbul sekecil mungkin.
  • Koordinasi internal yang lebih baik.
  • Meningkatkan semangat, tanggung jawab serta loyalitas tim terhadap proyek, yaitu dengan penugasan yang jelas kepada masing-masing anggota tim.

  1. Pembangunan cepat, kualitas bagus dan harga murah.
  2. Suasana kerja yang menyenangkan, kompak dan adanya sikap saling menghargai antara sesama rekan kerja, bawahan dengan atasan serta atasan terhadap bawahan.
  3. Para Manager dalam manajemen proyek dapat bertindak sebagai pemimpin.
  4. Terpenuhinya hak-hak dan tanggung jawab karyawan dengan baik.
  5. Suasana kerja yang menyenangkan, kompak dan adanya sikap saling menghargai antara sesama rekan kerja, bawahan dengan atasan serta atasan terhadap bawahan.
  6. Para Manager dalam manajemen proyek dapat bertindak sebagai pemimpin.
  7. Terpenuhinya hak-hak dan tanggung jawab karyawan dengan baik.

                         
2. Tujuan
- Efisiensi, baik dari sisi biaya, sumber daya maupun waktu.

Sumber :
http://alfiannn.wordpress.com/2013/10/02/definisi-manajemen-proyek/
http://kelompokmpc.blogspot.com/
http://www.ilmusipil.com/manajemen-proyek-yang-baik

Disusun Oleh : 
Muhammad solihin
Raka purushadika

Tidak ada komentar:

Posting Komentar